Perkembangan dunia
kuliner di Indonesia semakin pesat. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat
pertumbuhan jumlah perusahaan industri mikro sektor makanan mengalami
peningkatan signifikan. Tercatat hingga akhir 2014 terdapat 3.220.563
perusahaan makanan skala mikro di seluruh Indonesia.Bisnis roti merupakan salah
satu industri kreatif di sektor kuliner yang ada di indonesia.
"Bisnis kue
sebagai bagian dari dunia kuliner menunjukkan geliat yang mencengangkan,"
kata Chef Lanny Soechan, Brand Ambassador Interflour Indonesia, usai memberikan
tutorial baking class di pameran SIAL InterFOOD 2016, Bakery Indonesia Expo-The
16th International Exhibition on Equipment & Supplies for the Bakery &
Confectionery Industry.
Dengan beberapa
pernyataan diatas bisnis kue memang sangat menjanjikan untuk itu jika saya di
berikan modal yang cukup saya akan mendirikan sebuah ukm kue akhir akhir ini
kue begitu diminati oleh para kalangan muda terutama kue kering . setiap rumah
tangga pasti memerlukan sejumlah kue kering untuk di sajikan kepada tamunya .
bukan hanya itu ketika lebaran sudah bisa di pastikan setiap rumah tangga pasti
memesan kue kering untuk di sajikan di rumanya.
Product
Kue kering merupakan salah satu
produk yang sangat menjanjikan untuk di jual terutama pada hari hari raya kue
kering akan sangat banyak di pesan pada saat hari raya tidak hanya hari raya
kue kering pun mampu terjual pada hari
hari biasa selain itu dengan memberikan variasi pada produk produk yang ada
maka kemungkinan untuk menjual tidak hanya pada hari hari raya akan sangat
besar contohnya seperti kue kering matcha , kue lidah kucing pelangi ,nastar ,
sagu keju , dan putri salju
Price
Harga bisa di tentukan dengan
menggunakan metode metode biaya plus . dalam metode ini menetapkan harga jual
untuk satu unit barangyang sama besarnya dengan biaya per satuan di tambah
dengan jumlah untuk menutup laba yang di inginkan metode ini sangat cocok untuk
usaha yang baru mulai menjalankan usahanya . dengan menggunakan metode ini maka
kemungkinan untuk medapatkan laba akan semakin besar .
Placement
Tempat penjualan bisa dilakukan
pada tempat tempat yang ramai seperti kios di pinggir jalan dan lain lain
salain untuk menarik meraik para pelanggan ini juga di maksudkan untuk
memperkenalkan produk produk yang ada ke pada para pelanggan baru selain itu
juga dapat memudahkan masyarakat untuk mencapai lokasi penjualan sehingga tidak
akan membuat pelanggan berpindah ke tempat pesaing yang ada yang akan membuat
kerugian bagi produsen
Promotion
Promosi dapat dilahkukan dengan
memberikan sejumlah tester pada orang orang dengan memberikan sejumlah tester
mungkin akan mampu menarik pembeli untuk membeli produk yang di tawarkan , atau
dengan memanfaatkan social media dengan melakukan promosi di media sosial tenti
jangkauan pasar akan lebih luas dam mampu menarik lebih banyak lagi pembeli .
selain itu memberikan suatu promo jika membeli 3 toples akan mendapatkan gratis
satu promo ini dilakukan dengan cara menaikan harga dari tiga toples yang di
jual untuk menutup harga dari satu toples yang di berikan secara gratis
Pengemabangan
Pengembangan dilakukan dengan
membuat berbagai jenis kue dengan varian yang baru yang mampu menarik para
pelanggan untuk mau mencoba merasakan produk baru tersebut , dengan mengikuti
selera masyarakat yang selalu berubah ubah setiap saatnya . selain itu tampilan
kue kering juga menjadi salah satu acuan seseorang untuk membeli setoples kue
kering misalnya dengan membuat kue kering dengan karakter karakter kartun yang
tengah di gemari . Jaman sekarang ini kue
dengan tampilan yang menarik akan banyak di minati oleh orang orang
terutama kaum muda yang senang memposting makanan dengan tampilan yang menarik
.oleh karena itu membuat tampilan kue semenaruk mungkin akan mampu meningkatkan
nilai usaha yang ada
Target dan Pangsa pasar
Target pasar untuk ukm kue
kering ini di bedakan dengan membuat berbagai jenis kue mulai dari yang kelas
premium yang di tujukan umtuk masyarakat golongan atas,kelas gold untuk
masyarakat golongan menengah dan yang terakhir kelas silver untuk masyarakat
golongan menengah ke bawah penggolongan di bedakan dengan jumlah bahan baku
yang di gunakan, variasi cita rasa , serta tampilan dari kue tersebut.
Untuk pangsa pasar di indonesia
kue kering sangatlah menjanjikan terutama pada saat saat hari raya banyak orang
berbondong bondong untuk membeli kue kering sabagai sajian untuk para tamu yang
datang . pangsa pasar dapat di perluas dengan menggunakan media sosial sebagai
tempat untuk melakukan promosi . dengan melakukan promosi menggunakan media
sosial maka masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang sedang
di tawarkan atau yang juga biasa di sebut sebagai market development
strategyselain itu juga bisa menggunakan strategi penetrasi pasar dengan
melakukan promosi secara gencar.
Jika saya berkesempatan memiliki
bisnis advisor maka saya akan memilih Jodi Janitra seorang yang kini sukses
meraup omzet ratusan juta rupiah per bulan. Di bawah bendera PT Bonli Cipta
Sejahtera, kini ia mengelola lima brand kue kering.
Lima merek produknya adalah Ina
Cookies, Kersen Cookies, JnC Cookies, La Difa Cookies, dan Valya. Khusus merek
La Difa dan Valya membidik segmen premium. Kedua brand itu juga sudah diekspor
ke Malaysia, Hong Kong, dan Kanada.
Omzet rata–rata Rp 120 juta.
Namun, saat ada momentum seperti Natal, Imlek, dan Lebaran, omzetnya bisa
mencapai Rp 200 juta.
Dengan kemampuannya yang luar biasa walaupun tidak kuliah ia mampu
membangun sebuah perusahaan dengan omzet ratusan juta pasti akan dapat banyak
membantu dalam membangun sebuah usaha yang akan saya jalankan
Kelompok 11 :
1. Bayu Irawan
(21216357)
2. Ira Murni
Agilvi (23216568)
3. Sahira Almas
Tovani (26216766)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar